Thursday, August 12, 2010

Ramadhan Kareem..

Sudah hampir seminggu saya tidak menulis apa-apa. Yang di'update' pun sekadar cerita kecil dan pengumuman. Masa buat sekarang ini tidak cukup untuk duduk dan menulis. Kerana bagi saya, menulis itu perlu bersama jiwa dan hatinya. Jika tanpa mereka, saya tidak akan mampu menulis walaupun hanya 1 rangkap kalimah.

Banyak yang saya mahu cerita. (selalu tulis begitu..huhu tapi tak cerita-cerita pun). Tetapi saya tidak tahu untuk mula dari mana..(Susah jugak ya macam ni..^_^!)

Mungkin kali ini, saya hanya mampu berkongsi dengan kalian sesuatu yang semoga dengannya membuatkan kita terfikir..TEGARKAH KITA TERUS MENYAMBUT RAMADHAN BEGINI SABAN TAHUN? Hanya lelah menahan lapar dan dahaga, sedang saudara kita terus bertarung untuk hidup.

Semoga Allah mengampunkan kita dan mengurniakan kita jiwa dan ruh baru yang lahir di dalam urat nadinya semangat jihad..ameen..

Kematian Menanti Ratusan Pasien Akibat Terputusnya Listrik di Gaza

[ 11/08/2010 - 09:35 ]

Gaza – Infopalestina: Ratusan pasien terpasung di rumah sakit Al-Syifa Gaza. Mereka menunggu detik-detik kematian mendekati mereka, menyusul terputusanya aliran listrik yang mengakibat sejumlah alat medis tidak berfungsi.

Bersamaan dengan detak jarum jam, jantung mereka berdetak, sambil berharap Allah tidak memutuskan aliran lsitrik mereka hingga kematian itu tak datang tiba-tiba atau kondisi kesehatan mereka terus menurun.

Koresponden infopalestina sengaja melakukan perjalanan ke rumah sakit Al-Syifa untuk mencari tahu sejauh mana krisis listrik dan pengaruhnya terhadap para pasien dan alat-alat medis yang menggunakan tenaga listrik.

Bagian laboratorium

Abdul qadir Athal, wakil direktur laboratorium di rumah sakit Daru Syifa berbicara pada koresponden infopalestina tentang kondisi tiga alat pendingin yang digunakan untuk menyimpan darah. Saat ini rumah sakit beroperasi dalam keadaan darurat, aibat terputusnya aliran listrik. Dan kami di sini di bagian laboratorium mengalami banyak kesulitan. Karena bagian darah memerlukan alat-alat khusus yang menggunakan aliran listrik. Suhu darah harus selalu setabil, sebagiannya perlu pada susu panas dibawah nol bahkan yang lainya butuh 70 derajat celcius.

Ia menjelaskan, ada sejumlah alat yang sangat tergantung dengan aliran listrik. Pemadaman listrik menyebabkan alat tersebut tidak memberikan getaran yang sesuai atau suhu yang tetap hingga menyebabkan kerusakan unit-unit dan platelet.

Ia juga mengisyaratkan, selain itu ada sejumlah peralatan yang sensitif yang terpengaruh oleh pemadaman listrik terus, seperti scanner pembekuan darah, dan peralatan uji kimia, yang luar biasa, mengingat transfer listrik dari generator alami menyebabkan kerusakan dalam perangkat tersebut dan ketidakmampuan untuk memperbaikinya. Selain kesulitan untuk menyediakan suku cadang akibat blokade dan mencegah masuknya suku cadang tersebut.

Unit Perawatan Intensiv

Di pihak lain, Dr. Ahmed Ja'rour bagian Salah seorang dokter di bagian perawatan intensif Al-Syifa menyebutkan, "Bagian ini adalah yang paling penting dan bagian paling berbahaya di rumah sakit, karena sejumlah pasien masih terhubung dengan alat-alat tersebut. Apapun kondisinya dapat mempengaruhi kehidupan setiap pasien.

Unit Cuci Darah

Warga Sa'diyah Abu Afash (53 tahun), pasien yang menderita gagal ginjal dan sangat membutuhkan cuci darah dengan interval sering. Ia mengatakan, saya mengalami kekacauan darah akibat terputusnya listrik dan berhentinya alat tersebut. Dalam kondisi ini kami sangat membutuhkan transfer unit darah untuk menggantikan darahku yang hilang. Kondisi ini sering aku alami sepanjang tahun, tetapi al-Hamdulillah semua ini berakhir dengan kebaikan.

Di sisi lain, Abu Afash meminta pejabat terkait dapat memberikan bantuan seperlunya untuk kasus seperti ini. Misalnya dengan memasukan bahan bakar sehingga tidak terjadi lagi kondisi yang buruk tersebut.

Genset Sebagai Pengganti Listrik

Di sisi lain, Muawiya Hassanein, direktur Unit Darurat di Departemen Kesehatan Palestina menyatakan, berhentinya pembangkit listrik utama di Gaza sangat berpengaruh secara negatif tehadap semua layanan kesehatan. Ia menambahkan, diantara sektor yang paling terpengaruh dari terhentinya listrik ini ini adalah unit perawatan intensif, perawatan jantung, perawatan anak dan bagian bedah. Akibat dari terhentinya listrik dapat terjadi komplikasi dan konsekuensi yang mengerikan. Ungkapnya. (asy)


"Celakalah bagi orang yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan yang agung ini"

(petikan khutbah Rasulullah s.a.w di akhir Sya'aban sempena ketibaan Ramadhan..)

No comments:

Post a Comment

mohon pandangan.